Biologi Sel: Mengenal Struktur Sel

(Ringkasan Biologi). Setelah sebelumnya kita telah menguraikan sedikit tentang sel pada tulisan Kehidupan Berawal Dari Sel, pada ulasan kali ini kita akan melangkah lebih jauh untuk mengenal struktur dari sel. Struktur sel terdiri dari:

1. Membran Sel (Membran Plasma, Selaput Plasma)
Bagian dari sel yang berfungsi untuk membatasi isi sel dan lingkungan sekitar sel

2. Nukleus (inti Sel)
Nukleus adalah bagian sel yang berbentuk bulat atau bulat agak panjang dan berada pada daerah terlindung oleh membran inti (selaput inti) dengan susunan molekul yang sama dengan membran sel yaitu lipoprotein. Di dalam Nukleus terdapat: Nukleolus (anak inti), Nukleoplasma (cairan inti), dan Butiran kromatin.

3. Sitoplasma
Bagian sel ini terdapat di dalam sel, tetapi letaknya diluar inti dan organel-organel sel. Bersifat koloid atau zat yang tidak padat tetapi juga tidak cair.

4. Organel-organel
Organel-organel ini terdiri dari:
  • Retikulum Endoplasma (RE): ada dua jenis RE, yaitu; Retikulum Endoplasma kasar dan Retikulum Endoplasma Halus. RE kasar berfungsi untuk membantu sintesis protein dan menyalurkan bahan genetik antara inti sel dan sitoplasma. Sedangkan, RE halus memiliki enzim yang berfungsi untuk melakukan sintesis likogen, lipida, dan juga persenyawaan steroid seperti gliserida, kolesterol, dan hormon. RE halus ini tidak ditempeli ribosom.
  • Badan Golgi (apparatus golgi/golgi kompleks): Pada sel tumbuhan terdapat badan golgi yang biasanya disebut dengan diktiosom. Badan golgi berfungsi untuk membentuk kantong (vesikula) untuk melakukan sekresi, terutama pada sel-sel kelenjar. Dalam katong tersebut terdapat enzim dan bahan-bahan lainnya. Fungsi lainnya adalah untuk membentuk membran plasma, membentuk dinding sel tumbuhan, dan untuk membentuk akrosom pada spermatozoa yang dugunakan untuk pembentukan lisosoma dan memecah dinding sel telur.
5. Ribosom
Bagian sel yang tersusun oleh RNA ribosom dan protein. Berfungsi untuk melakukan sintesis protein.

6. Lisosom
Bagian ini dibatasi oleh membran tunggal dan berbentuk agak bulat. Dihasilkan dari badan golgi yang kaya protein.Berisi enzim yang berfungsi untuk mencerna fosfolipid, lipid, asam nukleat, polisakarida, dan protein.

7. Badan Mikro (peroksisom, glioksisom)
Peroksisom merupakan bagian sel yang berisi penuh enzim dan berfungsi untuk melakukan H2O2. Bagian sel yang bertanggung jawab dalam mengubah lemak menjadi karbohidrat. Giloksisom hanya ditemukan pada sel tumbuhan seperti lapisan aleuron biji padi-padian.

8. Mitokondria 
Terdiri dari dua lapisan membran (membran rangkap), yaitu; Membran luar (permukaannya halus) dan membran dalam. (permukaan berlekuk-lekuk). Pelekukan ini sering disebut juga krista. Di bagian ini terdapat enzim untuk asam lemak dan siklus Krebs terdapat dalam ruang matriks.

9. Plastida
Merupakan organel yang terdapat pada sel tumbuhan. Terdapat tiga jenis plastida, yaitu; 
  • Kromoplas, 
  • kloroplas, dan 
  • Leukopas.
10. Vakuola (rongga sel)
Bagian dari sitoplasma yang berisi cairan dan dibatasi oleh sejenis selaput tonoplas. Dalam vakuola terdapat; Garam kristal, glukosa, gas, asam amino. asam organik, minyak asiri, dan alkaloid.

11. Sentriol
Dibentuk dari kumpulan mikrotubulus yang berfungsi sebagai kutub-kutub pada pembelahan sel secara tidak langsung baik secara meiosis atau mitosis.

12. Sitoskeleton
Bagian sel yang tersusun dari tiga jenis serabut yaitu; Mikrofilamen, filamen, dan mikrotubul. Sitoskeleton berfungsi untuk membantu gerakan substabsi, memberikan kekuatan mekanik sel, dan menjadi kerangka sel.

13. Dinding Sel
Bagian ini hanya dapat ditemukan pada sel tumbuhan. Pada sel yang lebih muda, dinding selnya tersusun dari zat pektin, sedangkan pada jenis sel yang dewasa terbentuk dari bahan selulosa.

Silahkan baca juga sejarah dan teori penemuan sel pada tulisan Sejarah Sel: Teori tentang Sel, semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Post a Comment

Kepada para pembaca, jika ada sesuatu yang berkesan maka silahkan berkomentar