Jenis-jenis Gelombang Elektromagnetik (EM)

(Ringkasan Fisika). Setelah sebelumnya kita telah membahas tentang hakikat cahaya dalam tulisan Apa itu Cahaya? dalam pembahasan tersebut kita pahami bahwa cahaya adalah gelombang elektromagnetik. Pada tulisan kali ini, kita akan lanjutkan dengan pembahasan mengenai jenis-jenis gelombang elektromagnetik, yang sedikit banyak ada hubungannya dengan tulisan tadi.

Disadari atau tidak, ada banyak jenis gelombang energi dan cahaya yang merambat disekitar kita. Rambatan itu bisa dalam bentuk transmisi TV, radiasi gamma, atau panas di atmosfer. Fisikawan menyebut ini dengan Gelombang Elektromagnetik (EM wave). Gelombang ini disebut dengan elektromagnetik karena jenis pola gelombangnya merupakan hasil dari osilasi antara medan listrik dan medan magnet. Para fisikawan mengelompokkan gelombang tersebut berdasarkan frekuensi dan panjang gelombangnya. Jenis gelombang elektromagnetik yang memiliki frekuensi tinggi berarti memiliki energi yang tinggi pula, begitupun sebaliknya. Sehingga, bisa dikatakan bahwa sinar gamma adalah yang paling tinggi dari semua jenis gelombang elektromagnetik. Sedangkan, jenis gelombang elektromagnetik dengan energi rendah adalah gelombang radio. 

Semua jenis gelombang elektromangnetik merambat membawa energi dengan kecepatan yang sama. Tidak peduli bagaimanapun besar frekuensi dan panjang gelombangnya. Beberapa sifat gelombang, seperti interferensi dan difraksi juga terlihat dalam pola radiasi gelombang elektromagnetik. Telah lama dipahami, energi ini dibawa oleh partikel kecil yang bernama foton. Foton unit terkecil dari cahaya dengan paket-paket energi. Kadang-kadang terjadi interaksi antar partikel foton sehingga mampu mengubah cara awal perilaku cahaya.

Gelombang elektromagnetik sudah dapat digunakan dalam bidang ilmu pengetahuan dan diterapkan dalam teknologi. Sebagai contoh, gelombang radio. Stasiun pemancar dan penerima radio melakukan komunikasi dari satu titik ke titik lain memanfaatkan gelombang ini. Gelombang radio juga sangat penting bagi para astronom luar angkasa. Para astronom mempelajari gelombang radio yang dipancarkan dari galaksi lain untuk mendapatkan informasi dari bintang-bintang digalaksi tersebut. Bintang melepaskan radiasi elektromagnetik di seluruh spektrum, dan kita dapat memanfaatkan ini untuk mempelajari lebih lanjut tentang alam semesta.

0 komentar:

Post a Comment

Kepada para pembaca, jika ada sesuatu yang berkesan maka silahkan berkomentar