Mengenal Tumbuhan Lumut (Bryophyta)

(Zakapedia). Lumut adalah tumbuhan yang pertama hidup di darat. Tumbuhan ini tak berpembuluh, tak mempunyai saluran khusus untuk membawa air atau zat makanan, dan mempunyau Rhizoid serupa benang, bukan akar sungguhan. Kebanyakan lumut, hidup ditempat lembab, dan beberapa selalu hidup di bawah air. Ciri-ciri khusus tumbuhan lumut adalah:
  1. Tumbuhan lumut merupakan tumbuhan peralihan antara tumbuhan tallus dan kormus,
  2. Berkembang biak dengan spora
  3. Daun dan batang ada, namun akar belum ada, yang berfingsi sebagai akar adalah rhizoid.
  4. Hidup ditempat yang lembab
  5. Hidup kosmopolit (dimana-mana).
Tumbuhan lumut digolongkan menjadi dua, yaitu:

1. Lumut Hati (Hepaticeae)

Lumut hati (Hepaticeae) kebanyakan hidup di tempat basah, terutama di daerah pegunungan. Ada pula yang hidup di pohon, tanah, dan di batu cadas, tetapi jarang ditemukan. Lumut hati berbentuk suatu lembaran daun yang tepinya berbelah-belah. Pada lembaran ini terdapat arkegonium dan anteridium. Arkegonium menghasilkan sel kelamin betina dan anteridium menghasilkan sel kelamin jantan. Contoh lumut hati adalah Marchantia polymorpha.

Gambar: Lumut Hati (Hepaticeae)

2. Lumut Daun (Musci)

Lumut daun (Musci) dapat ditemukan di tempat-tempat lembap, di atas pasir, dan batu cadas. Ada juga yang terdapat di batang dan cabang pohon. Lumut daun berwarna hijau dan bentuknya kecil. Tumbuhan ini mempunyai daun dan batang semu yang tumbuh tegak. Pada bagian ujung batang terdapat pembentuk sel kelamin, yaitu anteridium dan arkegonium. Selain itu, lumut daun juga mempunyai akar semu atau rhizoid sebagai alat untuk melekat di tempat hidupnya. Contoh lumut daun adalah Polytricum sp, Pogonatum sp, dan Funaria sp.

Gambar: Lumut Daun (Musci)

Sekian tulisan tentang Mengenal Tumbuhan Lumut (Bryophyta), silahkan lanjut ke Mengenal Tumbuhan Paku.

0 komentar:

Post a Comment

Kepada para pembaca, jika ada sesuatu yang berkesan maka silahkan berkomentar