Penerapan Cahaya dalam Teknologi

(Zakapedia). Telah sangat jelas bahwa cahaya sangat penting bagi kita. Karena itulah para ilmuwan semakin giat untuk mempelajari segala hal yang berkaitan dengan cahaya. Sampai saat ini komunitas ilmuwan telah berhasil menghasilkan banyak penemuan baru yang menakjubkan, misalnya serat optik, laser, dan hologram. Pembahasan kita pada kesempatan  ini untuk menampilkan beberapa penemuan-penemuan tersebut.

1. Laser

Laser adalah singkatan dari Light Amplification by Stimulated Emission of Radiation. Laser adalah salah satu sumber cahaya yang memancarkan berkas cahaya yang koheren. Laser masuk dalam kelompok cahaya monokromatik. Selain itu, laser juga mempunyai intensitas dan tingkat ketelitian yang sangat tinggi, sehingga laser sering digunakan dalam berbagai peralatan. Laser mulai dikembangkan pertama kali pada tahun 1960. Dalam kehidupan sehari-hari, laser diterapkan antara lain untuk alat pemutar CD atau DVD,  pemindai barcode di supermarket, laser printer, dan dioda laser. Dalam bidang kedokteran, laser dimanfaatkan untuk pisau bedah dan untuk menyembuhkan gangguan akomodasi mata.

Gambar: Penggunaan laser

2. Hologram
 
Perkembangan penggunaan laser juga ditemukan dalam bidang fotografi. Penerapan laser dalam fotografi dikenal sebagai holografi. Teknik Holografi adalah teknik pembuatan gambar-gambar tiga dimensi dengan menggunakan laser. Hasil yang diperoleh pada proses holografi disebut hologram. Cara kerja holografi adalah sebagai berikut. Objek yang akan dibuat hologram, terlebih dahulu disinari dengan laser. Objek tersebut kemudian akan memantulkan sinar dari laser. Paduan antara laser dengan sinar yang dipantulkan objek akan menyebabkan terjadinya terjadinya efek interferensi. Efek interferensi inilah yang menampilkan bayangan objek tiga dimensi. 

Gambar: Pembuatan Hologram

3. Serat Optik

Penerapan cahaya juga sering ditemukan dalam bidang telekomunikasi. Dalam bidang telekomunikasi, cahaya dipakai untuk mengirim sinyal telepon dan internet melalui suatu kabel khusus yang disebut dengan serat optik. Kabel  Serat optik adalah suatu serat transparan yang dipakai untuk menghantarkan cahaya, misalnya laser. Dengan cara menggunakan kabel serat optik, data yang sedang dikirim akan sampai lebih cepat. Karena kecepatan data tersebut sama dengan kecepatan cahaya, yaitu 300 ribu km/jam.

Gambar: Serat Optik

Sekian dulu pembahasan tentang Penerapan Cahaya dalam Teknologi. Sebenarnya, masih banyak contoh teknologi hasil dari penerapan cahaya, akan kita bahas pada kesempatan yang lain.

2 komentar:

  1. Nice info, terima kasih atas kunjungannya di blog BIO.
    Semoga Zakapedia benar2 menjadi sebuah ensiklopedia yang berkembang.

    ReplyDelete
  2. Iya mba', makasih atas kunjungannya,,,

    ReplyDelete

Kepada para pembaca, jika ada sesuatu yang berkesan maka silahkan berkomentar