Sifat - sifat Zat Basa

(Zakapedia). Apa yang anda rasakan pada saat mandi atau mencuci dengan menggunakan sabun? Pada saat mandi atau mencuci dengan menggunakan sabun, kita pasti terbiasa dengan sentuhan sabun yang terasa licin. Sabun mengandung zat yang disebut basa. Basa dapat bereaksi dengan protein di dalam kulit sehingga sel-sel kulit akan mengalami pergantian. Proses ini biasa kita sebut dengan pembersihan. Basa merupakan suatu zat yang dapat menetralkan sifat asam sehingga menghasilkan air. Misalnya, jika kita merasa kurang nyaman akibat gangguan lambung yang memproduksi asam lambung berlebihan, maka untuk menyembuhkannya kita dapat minum obat maag yang mengandung bahan kimia penetral asam, yaitu aluminium hidroksida yang mempunyai rumus kimia Al(OH)3.
Basa juga merupakan zat yang dapat menghasilkan ion hidroksida OH- dalam air. Basa dapat menetralkan asam (ion hidrogen) sehingga menghasilkan air. Reaksi kimianya adalah sebagai berikut:


H+ (ion hydrogen, asam) + OH- (ion hidroksida, basa) menghasilkan H2O

Larutan basa juga memiliki rasa agak pahit. Oleh karena itu, ketika busa sabun masuk ke mulut saat mandi, kita dapat merasakan pahit. Secara prinsip, ada dua macam larutan basa, yaitu hidroksida, ionik, dan zat molekular.
  1. Hidroksida ionik, yaitu zat yang jika bereaksi dengan air akan menghasilkan ion hidroksida (OH-). Natrium hidroksida (NaOH) dan kalsium hidroksida (Ca(OH2)) adalah contoh dari hidroksida ionik. Pada keadaan padat, zat-zat ini terdiri dari ion logam dan ion hidroksida.
  2. Zat molekular, adalah zat yang di dalam air akan membentuk kesetimbangan. Misalnya, amonium hidroksida (NH4OH) di dalam air akan menghasilkan sedikit ion amonium (NH4) dan ion hidroksida (OH).
Amonium hidroksida termasuk basa lemah, yaitu dalam larutannya hanya sedikit mengandung ion hidroksida karena dalam air mengalami ionisasi sebagian. Basa kuat jika dilarutkan dalam air akan terurai menjadi unsur-unsur penyusunnya secara sempurna. Contoh basa kuat adalah natrium hidroksida dan kalium hidroksida.

Contoh zat Basa yang dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:
  1. Natrium hidroksida (NaOH) yang kita kenal dengan nama soda api digunakan dalam pembuatan detergen, rayon, film, kertas, dan industri perminyakan.
  2. Kalsium hidroksida (Ca(OH)2) dipakai untuk meningkatkan derajat keasaman tubuh.
  3. Amonium hidroksida (NH4OH)dipakai sebagai bahan mentah pembuatan produk.
Selain itu, beberapa larutan yang bersifat basa antara lain air kapur, air abu, larutan sabun, larutan amonium hidroksida, dan larutan soda.

Demikianlah pembahasan mengenai Sifat - sifat Zat Basa. Silahkan lanjut ke Sifat - sifat Zat Garam.  dan  Sifat -sifat Zat Asam.

0 komentar:

Post a Comment

Kepada para pembaca, jika ada sesuatu yang berkesan maka silahkan berkomentar