Aktivitas Matahari: Gumpalan Matahari (Granula) dan Bintik Matahari

(Zakapedia). Aktivitas matahari disebabkan oleh ketidaksamaan suhu di setiap bagian matahari. Aktivitas matahari itu berupa gumpalan matahari (granula), bintik-bintik matahari, dan prominensa. Pembahasan kita kali yaitu tentang Aktivitas Matahari: Gumpalan Matahari (Granula) dan Bintik Matahari. Prominenasa telah kita bahas pada tulisan sebelumnya.

Gumpalan matahari (granula) timbul karena perbedaan suhu yang sangat besar antara inti dan fotosfer. Suhu di inti matahari mencapai 15 juta K, sedangkan di fotosfer 5.700 K. Perbedaan suhu yang sangat besar ini menyebabkan aliran gas yang sangat panas dari inti matahari ke fotosfer berupa gumpalan-gumpalan. Gumpalan-gumpalan inilah yang disebut gumpalan matahari atau granula. Adanya granula menyebabkan permukaan fotosfer tidak rata. Akibatnya, di fotosfer terbentuk daerah-daerah gelap yang disebut bintik-bintik matahari. Keadaan granula berubah dari waktu ke waktu. Kadang-kadang granula tampak seperti anyaman. Dilihat dengan teleskop, granula tampak seperti butir-butir beras yang bercahaya. Jarak antarbutir juga berubah-ubah. Jarak antara dua butir dapat mencapai 2000 km.

Gumpalan matahari (granula)
Bintik-bintik matahari (sunspot) adalah daerah gelap pada fotosfer. Daerah gelap ini timbul karena suhu pada daerah tersebut lebih rendah daripada daerah sekitarnya. Perbedaan suhu itu disebabkan oleh terhalangnya kepulan (gumpalan) gas panas dari bagian dalam matahari (inti matahari). Hal ini terjadi karena adanya gangguan medan magnet matahari. Diameter bintik-bintik matahari diperkirakan mencapai 80.000 km. Diameter tersebut jauh lebih besar dibandingkan dengan diameter bumi. Diameter bumi sekitar 12.736 km. Penampakan (umur) bintik-bintik matahari berbeda-beda, ada yang berumur beberapa menit namun ada yang berumur beberapa hari. Jumlahnya juga berubah-ubah dari waktu ke waktu.

Bintik-bintik matahari
Sekian tulisan tentang Aktivitas Matahari: Gumpalan Matahari (Granula) dan Bintik Matahari. Aktivitas matahari lainnya dapat anda baca di Aktivitas Matahari: Prominensa. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Kepada para pembaca, jika ada sesuatu yang berkesan maka silahkan berkomentar