Contoh Penerapan Gelombang Bunyi

(Zakapedia). Apa itu bunyi? Jawabannya silahkan anda baca pada tulisan Pengertian Gelombang Bunyi. Pembahasan kita kali ini adalah khusus untuk mengetahui penerapan gelombang bunyi dalam teknologi sehari-hari. Kini gelombang bunyi. terutama ultrasonik banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Alasan penggunaan gelombang ultrasonik didasari karena frekuensinya di atas 20.000 Hz sehingga tidak dapat didengar, panjang gelombangnya sangat pendek dan sedikit difraksi sehingga berkasnya menyebar lebih sedikit, dan dapat mendeteksi benda-benda kecil. Contoh penerapan gelombang bunyi adalah sebagai berikut:

1. Mengukur Kedalaman Laut

Pantulan bunyi digunakan dalam beberapa aplikasi untuk menentukan jarak. Sonar (Sound Navigation Ranging-pendugaan navigasi dengan bunyi) atau teknik pulsa-gema digunaakan untuk menentukan benda di bawah laut meliputi kedalaman laut. Pemancar gelombang ultrasonik yang dilemparkan dalam kapal memancarkan gelombang ultrasonik ke dasar laut kemudian manangkap kembali gelombang pantulannya. Dengan menghitung selang waktu antara pemancaran dan penerimaan gelombang (Δt) dan cepat rambat gelombang bunyi dalam air laut (v), maka kedalaman laut (s) dapat dihitung dengan persamaan:

s = (v x Δt)/2

2. Mengetahui Struktur Bagian dalam Bumi

Struktur bagian dalam bumi dapat dipelajari dengan mendeteksi pantulan gelombang seismik yang menjalar melalui bumi yang bersumber dari ledakan disengaja. Analisis gelombang yang terpantul dari berbagai struktur dan batas di dalam bumi memunculkan pola karakteristik susunan yang berguna dalam eksplorasi minyak dan mineral.

3. Mendeteksi Lokasi Keretakan pada Logam

Dengan cara yang sama pada radar, gelombang ultrasonik dilewatkan/dikirim melalui logam. Logam akan memantulkan gelombang ultrasonik yang mengenainya, Dari ujung yang lain dideteksi dan dianalisa sehingga posisi kerusakan atau keretakan pada logam dapat ditentukan dengan pasti.

4. Penerapan dalam Bidang Kedokteran

Dalam bidang kedokteran, teknik pulsa gema seperti sonar juga digunakan. Pulsa bunyi diarahkan ke tubuh pasien dan pantulan dari batas antarmuka antara organ dan struktur lainnya dapat dideteksi. Dengan menggunakan teknik ini, tumor dan pertumbuhan abnormal lainnya atau kantong cairan dapat dibedakan. Selain itu, aktivitas jantung, perkembangan janin, dan informasi tentang organ tubuh lainnya, seperti otak, ginjal, dan hati dapat dipantau. Untuk memeriksa tubuh, ultrasonik dipandang sebagai metode yang tidak mengganggu atau merusak material yang dilewati. Oleh karena itu, pemeriksaan atau tes dengan ultrasonik dikenal dengan Non Destruktif Test (NDT).

Sekian tulisan tentang Contoh Penerapan Gelombang Bunyi, semoga bermanfaat.