Penjelasan Tuntas Contoh Simbiosis Komensalisme

Contoh Simbiosis Komensalisme. Salah satu pola simbiosis yang sering ditemui adalah Simbiosis Komensalisme. Contoh Simbiosis Komensalisme, antara lain:

1. Anggrek dan Tumbuhan Inang

Anggrek merupakan tumbuhan hijau yang secara alamiah mempunyai habitat dalam hutan yang lebat. Tumbuhan anggrek menempel pada bagian pohon yang tinggi agar mendapatkan cahaya matahari untuk melakukan fotosintesis. Anggrek dapat membuat makanannya sendiri karena memiliki klorofil. Zat-zat yang digunakan untuk keperluan fotosintesis adalah air dan karbon dioksida. Akar anggrek menyerap air dan mineral dari luar kulit pohon yang ditumpanginya, atau menyerap zat-zat anorganik dari kulit batang tumbuhan inangnya yang telah mengalami pelapukan. Gas karbon dioksida diserap daun anggrek dari udara. Anggrek mendapatkan keuntungan karena cukup mendapatkan cahaya matahari, air, serta zat-zat yang dibutuhkan, sedangkan tumbuhan inangnya tidak dirugikan. Hubungan semacam ini disebut simbiosis komensalisme.
2. Ikan Remora dan Ikan Pari

Ikan remora melekatkan tubuhnya pada tubuh ikan pari dengan menggunakan sirip punggung yang telah berubah menjadi alat pengisap. Ketika ikan pari memperoleh mangsa, ikan remora akan mendapai sisa-sisa dari mangsa ikan pari tersebut. Di samping itu, karena melekat pada tubuh ikan pari, ikan remora akan aman manakala ada ikan lain yang akan memangsanya. Jadi, dalam hal ini ikan remora mendapat keuntungan, sedangkan ikan pari tidak terganggu atau tidak dirugikan.

3. Paku Tanduk Rusa dan Pohon Inang

Tumbuhan paku tanduk rusa atau simbar menjangan banyak ditanam atau ditempelkan pada pohon, baik di taman maupun di halaman. Bentuk daunnya yang menarik menjadikan tumbuhan tersebut banyak dipakai sebagai tanaman hias. Sifat tumbuhan ini mirip dengan anggrek, vanili, dan paku picis. Meskipun tubuhnya menempel pada batang suatu pohon, tumbuhan tersebut tidak merugikan. Sebabnya ialah tumbuhan tersebut tidak menyerap zat-zat makanan dari pohon yang ditumpanginya.

4. Bakteri Pembusuk dalam Usus Manusia

Bakteri pembusuk yang hidup pada usus besar manusia menyerap zat-zat makanan yang sudah tidak dapat dicerna oleh tubuh kita. Dalam hal ini, bakteri tersebut mendapatkan keuntungan, tetapi tidak merugikan manusia yang ditumpanginya.

Sekian materi tentang  Penjelasan Tuntas Contoh Simbiosis Komensalisme . Silahkan lanjutkan ke Contoh Simbiosis Mutualisme, semoga bermanfaat.