Contoh Simbiosis Mutualisme

(Zakapedia). Melanjutkan tulisan terdahulu mengenai contoh-contoh simbiosis. Salah satu pola simbiosis adalah Simbiosis Mutualisme. Contoh Simbiosis Mutualisme, antara lain:

1. Burung Jalak dan Kerbau 

Pernahkah anda melihat burungjalak yang hinggap di atas punggung seekor kerbau? Apakah yang dilakukan oleh burung jalak tersebut? Hubungan yang terjadi antara burungjalak dan kerb au merupakan contoh simbiosis mutualisme. Dalam simbiosis ini kedua belah pihak saling mendapatkan keuntungan. Burung jalak mendapatkan makanan dengan memakan kutu kerbau, sedangkan kerb au terbebas dari gangguan kutu. 

2. Lebah dan Tumbuhan Berbunga 

Hubungan yang terjadi antara lebah dan tumbuhan berbunga juga merupakan contoh simbiosis mutualisme. Dalam hubungan tersebut, lebah mendapatkan madu atau nektar dari bunga, sedangkan tumbuhan berbunga dibantu penyerbukannya oleh lebah. Tahukah anda bagaimana mekanisme lebah membantu penyerbukan bunga? Pada waktu lebah hinggap di atasbunga, kaki lebah menyentuh benang sari bunga itu. Kemungkinan ada beberapa serbuk sari yang menempel pada kaki lebah. Apabila kaki lebah menyentuh kepala putik, sebagian serbuk sari ada yang jatuh di atas kepala putih sehingga terjadilah penyerbukan. 

3. Kutu Daun dan Semut Hitam 

Kutu daun adalah serangga kecil dengan panjang sekitar satu milimeter. Mereka mengisap getah batang tumbuhan yang masih muda menggunakan mulut pengisap yang tajam untuk menghasilkan cairan manis. Semut hitam memanfaatkan kutu daun dengan menepuk atau menekan punggung kutu daun untuk mendapatkan cairan manis. Agar kutu daun selalu menghasilkan cairan manis, semut memindahkan letak kutu daun. Perpindahan itu menguntungkan kutu daun tlntuk mendapatkan getah pohon yang baru. 

4. Lumut Kerak 

Lumut kerak (lichen) terbentuk dari simbiosis antara ganggang hijau dan jamur tertentu dari kelas Ascomycetes. Ganggang hijau mempunyai klorofil sehingga dapat membuat makanan sendiri dengan melakukan fotosintesis. Hasil fotosintesis itu digunakan bersama oleh ganggang hijau dan jamur. Berarti, ganggang memberikan keuntungan kepada jamur. Adakah keuntungan yang diperoleh ganggang hijau dari jamur? Sel-sel ganggang hijau yang berukuran lebih kecildaripada hifa jamur dapat tetap terjaga dari kerusakan karena terlindung oleh hifa-hifa (miselium) jamur, Di samping itu, jamur juga menyediakan air dan mineral yang akan digunakan ganggang hijau untuk fotosintesis.

Sekian materi tentang Contoh Simbiosis Mutualisme, semoga bermanfaat.