Penjelasan Tuntas Contoh Simbiosis Parasitisme

Berikut ini akan kami berikan uraian materi lengkap yang berhubungan dengan simbiosis, salah satunya adalah Simbiosis Parasitisme.  Contoh Simbiosis Parasitisme adalah: 

1. Benalu dan Tumbuhan Inang

Benalu hidup menempel pada tumbuhan inang untuk mengambil air dan mineral dari dalam tubuh inangnya menggunakan akar isap (haustonum). Air dan mineral tersebut selanjutnya dibawa ke daun untuk dibuat zat makanan melalui proses fotosintesis. Benalu mampu melakukan proses fotosintesis karena daun-daunnya berklorofil. Oleh karena itu, benalu disebut tumbuhan setengah parasit (semiparasit).
2. Cacing Pita dalam Tubuh Manusia

Larva cacing pita hidup dalam tubuh sapi atau babi. Larva masuk ke dalam tubuh manusia yang mengonsumsi daging sapi atau babi yang sudah terinfeksi larva cacing pita. Selanjutnya, larva tersebut akan berkembang menjadi cacing pita dewasa di dalam usus manusia. Cacing pita menyerap sari-sari makanan yang seharusnya digunakan oleh tubuh manusia. Dengan demikian, cacing pita adalah parasit yang merugikan.

3. Rafflesia arnoldi dan Tumbuhan Inang

Tumbuhan ini tidak mempunyai akar, batang, dan daun, tetapi mempunyai tabung-tabung yang dapat menembus jaringan pada tumbuhan inangnya. Dengan perantaraan tabung-tabung itu, Rafflesia sp. menyerap zat-zat makanan yang dibutuhkandari tumbuhan inangnya. Rafflesia sp. merupakan tumbuhan langka yang memiliki bunga terbesar, berdiameter 1-1,5 meter.

4. Tali Putri dan Tanaman Beluntas

Berdasarkan ada dan tidaknya klorofil, tumbuhan parasit dibedakan menjadi dua macam, yaitu parasit sejati dan setengah parasit. Tumbuhan parasit sejati yang tidak berklorofil, contohnya tali putri. Tumbuhan setengah parasit atau semiparasit yang memiliki klorofil, contohnya benalu. Kehidupan bersama antara tali putri dan tanaman beluntas atau tanaman lain yang menjadi inangriya mirip dengan hubungan benalu dan tanaman inangnya. Perbedaannya, tali putri tidak berklorofil. Oleh karena itu, tali putri menyerap sari makanan yang berupa zat organik dari tumbuhan inangnya.

Sekian materi tentang Penjelasan Tuntas Contoh Simbiosis Parasitisme. Silahkan lanjutkan ke Contoh Simbiosis Komensalisme, semoga bermanfaat.