Jenis-jenis Cacing (Vermes)

(Zakapedia). Berikut ini kami akan membahas jenis-jenis cacing (Vermes). Pembahasan ini masing merupakan rangkaian dari materi Aneka Dunia Hewan, khususnya Subfillum Avertebrata Cacing (Vermes) kebanyakan berbentuk panjang. Tubuhnya lunak, tidak mempunyai rangka, dan tidak mempunyai kaki. Bentuknya ada yang pipih, gilig, atau beruas-ruas. Sebagian cacing hidup bebas di alam, sebagian lagi ada yang hidup sebagai parasit di dalam tubuh hewan ata manusia. Berdasarkan bentuk tubuhnya, cacing (Vernes) dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:

a. Cacing Pipih (Platyhelminthes)

Kelompok cacing pipih (Platyhelminthes) berbentuk pipih dan lembut. Cacing ini hanya mempunyai satu lubang, yaitu mulut. Lubang tersebut juga untuk mengeluarkan sisa makanan. Cacing ini tidak mempunyai rongga badan.

Planaria sp
b. Cacing Gilig (Nemathelminthes)

Cacing Gilig (Nemathelminthes) berbadan bulat panjang, tidak beruas-ruas, dengan mulut di ujung depan dan di dubur di ujung belakang tubuhnya. Kulitnya licin dan tidak berwarna. Contoh Cacing Gilig (Nemathelminthes) adalah cacing perut (Ascaris lumbricoides), cacing tambang (Ancylostoma duodenale), dan cacing kremi (Oxyyuris Vermicularis). 

Cacing tambang
c. Cacing Gelang (Annelida)

Cacing Gelang (Annelida) mempunyai tubuh beruas-ruas. Ruas-ruas tubuhnya berbentuk seperti gelang yang saling berhubungan. Cacing gelang memiliki rongga badan yang terdapat di antara kulit badan dan dinding ususnya. Cacing gelang mempunyai mulut di ujung depan dan dubur di ujung belakang tubuhnya. Habitatnya di air tawar, di air tanah, dan di laut. Contoh cacing gelang adalah cacing wawo, cacing tanah, dan lintah.

Lintah
Sekian tulisan tentang Jenis-jenis Cacing (Vermes), semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Kepada para pembaca, jika ada sesuatu yang berkesan maka silahkan berkomentar