Jenis-jenis Penyerbukan Tanaman

(Zakapedia).  Apa itu penyerbukan? Penyerbukan adalah peristiwa menempelnya serbuk sari bunga pada kepala putik suatu bunga. Setiap proses penyerbukan tidak selalu menjamin berlangsungnya pembuahan pada bunga yang diserbuk, karena bergantung pada faktor-faktor penyerbukan tertentu. Faktor penyerbukan misalnya, faktor genetik bahwa antar bunga tanaman yang berbeda jenisnya tidak akan menghasilkan pembuahan. Berdasarkan asal serbuk sarinya, dikenal ada dua jenis penyerbukan, yaitu:

1. Penyerbukan sendiri (Autogami)

Penyerbukan sendiri (Autogami) terjadi jika serbuk sarinya berasal dari bunga yang sama. Bunga dengan serbuk sari yang sama memiliki tanda-tanda luar sebagai berikut:
  • Benangsari dan putik keduanya ditutupi oleh perhiasan bunganya sampai mekarnya bunga, seperti pada bunga bentuk kupu-kupu (Papilionaceae). Bahkan di sini, putik dibungkus oleh benangsarinya sehingga lebih mudah diserbuki sendiri daripada diserbuk oleh bunga lainnya.
  • Benangsari dan putik dilindungi oleh dasar bunganya yang berbentuk periuk, seperti pada bunga beringin atau Ficius lainnya.
2. Penyerbukan silang (Allogami)

Penyerbukan silang (Allogami) terjadi jika serbuk sarinya berasal dari bunga lainnya hingga terjadi pembuahan, memiliki faktor-faktor sebagai berikut:
  • Kematangan antara benangsari dan putik dalam satu bunga adalah tidak sama, sehingga perlu diserbuk oleh serbuk sari bunga lainnya yang kematangannya sama, misalnya bunga protogini (putik bunga masak lebih dahulu daripada benangsarinya) dan protandri (benangsari matang lebih dahulu daripada putiknya).
  • Ukuran panjang antara benangsari dengan putik dalam satu bunga adalah tidak sama (heterodistyli, heterotristyli), karena untuk sampai terjadinya pembuahan dipersyaratkan memiliki ukuran panjang yang sama antara keduanya. Serbuk sari dari benangsari yang pendek akan menyerbuk putik yang berukuran sama panjangnya.
Sedangkan, berdasarkan jenis perantara terjadinya penyerbukan dapat dibedakan atas tiga jenis, yaitu:

1. Anemogami

Anemogami (anemos = angin; gamous = perkawinan, penyerbukan) adalah suatu penyerbukan yang dibantu oleh angin. Bunga yang melakukan anemogami adalah bunga-bungaan yang memiliki tanda; serbuksarinya ringan, benangsarinya dan putiknya terbuka, dan perhiasan bunganya memiliki warna yang kurang menarik, seperti bunga padi dan jagung.

2. Entomogami

Entomogami (entomos = serangga + gamous) adalah suatu penyerbukan bunga yang dibantu oleh serangga. Bunga yang melakukan Entomogami adalah bunga-bungaan yang memiliki tanda-tanda; warna perhiasan bunganya mencolok, berbau harum atau menyengat, bunga menghasilkan madu, dan bunga memiliki struktur unik yang memungkinkan serangga memasuki bunga dan menyebabkan menempelnya serbuksari pada bagian tubuh serangga.

3. Ornitogami

Ornitogami (ornitos = burung + gamous) adalah suatu penyerbukan bunga yang dibantu oleh burung tertentu. Bunga yang melakukan ornitogami adalah bunga yang memiliki mahkota bunga tebal yang mampu menopang burung berpijak, dan bunga menghasilkan madu. Misalnya, bunga kembang sepatu dibatuk penyerbukannya oleh burung kolibri, dan bunga dadap dibantu penyerbukannya oleh jenis burung-burung penghisap madu.

Sekian materi tentang Jenis-jenis Penyerbukan Tanaman, semoga bermanfaat.