Situs Pustaka Belajar

Pengaruh Faktor Abiotik terhadap Biotik

loading...
Advertisement


loading...

Jika kita perhatikan, cacing tanah akan membuat sarang berupa liang atau lubang-lubang di dalam tanah. Liang atau lubang tersebut akan terisi udara yang berguna bagi pemapasan akar tanaman. Di samping itu, cacing tanah memasukkan daun-daun tumbuhan ke dalam liangnya yang pada akhimya membusuk dan membentuk humus yang menyuburkan tanah. Kita dapat mencermati pengaruh komponen biotik terhadap komponen abiotik dalam cakupan yang lebih luas dengan mengamati keberadaan air dan iklim di sekitar hutan. Akar-akar tumbuhan dalam hutan dapat menahan air hujan sehingga air tidak terlalu cepat mengalir ke laut. Selain itu, akar-akar tumbuhan dapat mencegah terjadinya erosi dan tanah longsor.
ltulah sebabnya, penebangan pohon-pohon di hutan secara serampangan akan mendatangkan bermacam-macam bencana, antara lain banjir pada musim hujan dan ketiadaan sumber air pada musim kemarau. Ketiadaan sumber air akan menyebabkan tanah di sekitar hutan menjadi kering dan gersang sehingga lahan pertanian di sekitar hutan menjadi tandus. Pancaran sinar matahari menyebabkan tumbuhan mengalami penguapan atau transpirasi. Pada peristiwa penguapan, daun mengeluarkan uap air ke udara. Dengan demikian, makin banyak pohon di hutan berarti makin banyak uap air yang dilepaskan ke udara. Apabila udara di atas hutan cukup lembap dandingin, terjadilah hujan di lingkungan hutan itu.

Pada siang hari, tumbuhan hijau melakukan fotosintesis dan melepaskan oksigen ke udara sehingga banyak oksigen di lingkungan sekitar pohon yang membuat kita merasa segar. Sebaliknya, dalam ruangan yang sempit dan tertutup semua orang mengisap oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Banyaknya orang dalam ruangan sempit dan tertutup itu membuat kita merasa panas karena kadar karbon dioksida meningkat serta tidak ada udara dari luar yang masuk.

Dari uraian di atas, kita dapat menarik simpulan bahwa air dalam tanah, kadar oksigen dan karbon dioksida di udara, serta kesuburan tanah merupakan faktor biotik yang dapat dipengaruhi oleh faktor biotik. Meskipun begitu, tidak semua faktor abiotik dapat dipengaruhi oleh faktor biotik. Faktor abiotik yang tidak dapat dipengaruhi oleh faktor biotik baik tumbuhan, hewan, maupun manusia adalah gravitasi, pancaran cahaya matahari, dan tekanan udara. 

Jadi kesimpulan dari materi ini adalah Makhluk hidup dapat mempengaruhi kandungan air dalam tanah, kadar gas di udara, dan kesuburan tanah. Gravitasi, pancaran matahari, dan tekanan udara tidak dapat dipengaruhi makhluk hidup.

Sekian materi tentang Pengaruh Faktor Abiotik terhadap Biotik, semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengaruh Faktor Abiotik terhadap Biotik