Bagian-bagian Hidung dan Fungsinya



(Zakapedia). Pada saat Ibu sedang memasak di dapur biasanya tercium aroma masakan yang sedang dibuat. Aroma masakan tersebut mengundang selera makan dan perut kita menjadi lapar. Kita dapat mencium wangi masakan atau wangi benda-benda yang lain karena kita memiliki indera pembau, yaitu hidung. Berikut ini Bagian-bagian Hidung dan Fungsinya:

Hidung manusia mempunyai dua buah lubang yang berhubungan dengan rongga hidung. Di dalam rongga hidung terdapat selaput lendir dan rambut-rambut hidung yang berguna untuk menahan kotoran yang masuk ke hidung pada saat kita bernapas. Hidung mampu mencium bau karena adanya sel-sel saraf pembau yang dapat menangkap zat-zat kimia yang ada dalam udara. Sel-sel saraf pembau ini memiliki rambut-rambut halus yang berhubungan dengan urat saraf dan bersatu menjadi urat saraf penciuman yang menuju otak.

Hidung dapat berkurang kepekaannya untuk mencium bau benda atau sama sekali tidak bisa mencium bau benda apabila mengalami gangguan. Gangguan tersebut bisa terjadi karena menderita influenza, polip, atau rusaknya saraf penciuman. Influensa atau pilek disebabkan oleh virus sehingga saluran pernapasan menjadi tersumbat. Penderita biasanya menjadi demam, sakit kepala, dan hidungnya mengeluarkan ingus. Seseorang menderita penyakit polip jika jaringan rongga hidungnya tumbuh seperti tumor. Rusaknya saraf pembau terjadi apabila di bagian kepala terjadi cedera atau luka yang menyebabkan sel saraf pembau tidak bisa bekerja.

Lihat materi lainnya tentang Bagian-bagian Telinga dan Fungsinya. Sekian materi tentang Bagian-bagian Hidung dan Fungsinya, semoga bermanfaat.