Situs Pustaka Belajar

Bagian-Bagian Telinga dan Fungsinya

loading...
Advertisement


loading...



(Zakapedia). Apa fungsi telinga? Pernahkah anda pergi ke stasiun kereta api atau ke bandara udara? Di sana anda tentu mendengar bunyi kereta api yang memasuki stasiun atau pesawat terbang yang akan mendarat? Bunyi tersebut sangat keras sehingga anda menutup kedua telinga. Mengapa anda menutup kedua telinga? Telinga merupakan alat indera yang berguna untuk mendengar berbagai macam suara di sekitar kita. Manusia memiliki sepasang telinga yang menempel di sebelah kiri dan kanan kepala kita. Dengan mendengar kita dapat berkomunikasi dengan orang lain. Telinga kita terdiri atas tiga bagian, yaitu telinga luar, telinga tengah, dan telinga bagian dalam. Berikut ini materi tentang bagian-bagian Telinga dan Fungsinya:

Bagian-bagian telinga
a. Telinga luar 

Telinga bagian luar terdiri atas daun telinga, liang telinga, dan gendang telinga. Daun telinga merupakan bagian terluar dari telinga yang terbuat dari tulang rawan yang lentur. Daun telinga berfungsi untuk menangkap dan mengumpulkan suara. Bagian tengah dari telinga luar adalah liang telinga, berupa saluran sepanjang 2,5 cm. Liang telinga berfungsi sebagai tempat masuknya gelombang suara ke telinga bagian dalam. Pada liang telinga ini terdapat rambut dan kelenjar lemak yang berguna untuk menangkap kotoran agar tidak masuk ke dalam telinga. Bagian terdalam dari telinga luar adalah gendang telinga, berupa selaput tipis yang berbatasan dengan telinga tengah. Gendang telinga berfungsi untuk menangkap gelombang bunyi. 

b. Telinga tengah

Telinga tengah membentuk rongga kecil yang berisi udara. Di dalam rongga terdapat tiga tulang pendengaran, yaitu tulang martil, landasan, dan sanggurdi yang saling berhubungan. Tulang-tulang ini disebut osikel. Pada telinga tengah juga terdapat saluran yang menghubungkan telinga tengah dengan rongga mulut yang disebut saluran Estachius. Fungsi saluran ini adalah untuk menyeimbangkan tekanan udara di luar dan di dalam telinga sehingga gendang telinga tidak rusak. Telinga bagian tengah berfungsi untuk meneruskan getaran bunyi dari telinga luar ke telinga dalam. 

c. Telinga dalam

Telinga dalam terdiri atas jendela oval, jendela bundar, rumah siput (koklea), dan tiga saluran setengah lingkaran. Jendela oval merupakan penghubung antara telinga tengah dengan telinga dalam yang berupa selaput tipis. Jendela oval ini berfungsi untuk menerima bunyi. Koklea atau rumah siput berupa tabung yang melingkar seperti spiral dan berisi cairan limfa. Di dalam koklea terdapat organ kortiyang banyak mengandung ujung-ujung sel saraf pendengaran. Sel-sel saraf pendengaran ini berupa sel-sel rambut yang peka terhadap rangsangan bunyi. Di telinga dalam terdapat bagian yang berfungsi untuk mengendalikan keseimbangan tubuh dan untuk mendeteksi posisi tubuh. Bagian tersebut berbentuk setengah lingkaran yang tersusun menjadi satu kesatuan, yaitu tiga saluran setengah lingkaran.

Lihat materi lainnya tentang Bagian-bagian Hidung dan Fungsinya. Sekian materi tentang Bagian-Bagian Telinga dan Fungsinya, semoga bermanfaat.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bagian-Bagian Telinga dan Fungsinya