Metode Ilmiah dalam Ilmu

(Zakapedia). Metode ilmiah adalah metode yang menggunakan langkah-Iangkah ilmiah dan rasional untuk mengungkap suatu permasalahan yang ada di sekitar kita. Secara sederhana, metode ilmiah terdiri atas tahapan-tahapan berikut: 

Mengajukan Hipotesis 

Hipotesis merupakan dugaan sementara. Hipotesis harus didasari dengan data-data yang pernah dilakukan orang dan teori yang mendukungnya. Hal itu berguna untuk memudahkan pembuktian melalui eksperimen. Dengan kata lain, hipotesis adalah kebenaran yang belum diuji kebenarannya. 

Melakukan Eksperimen 

Eksperimen bertujuan untuk membuktikan kebenaran hipotesis yang diajukan. Jika sesuai dengan hasil eksperimen, hipotesis itu berubah menjadi teori. Dengan kata lain, teori merupakan penjelasan ilmiah suatu fakta yang dapat dibuktikan dengan eksperimen. 

Menyusun Teori 

Tidak semua teori yang telah disusun oleh para ilmuwan itu benar. Dengan kata lain, teori tidak selalu benar. Kebenaran suatu teori bergantung pada kedalaman analisis data eksperimen, kesahihan alat, dan ketepatan perkiraan hasil eksperimen. Jadi, jika pada eksperimen lebih lanjut tidak sesuai, teori itu perlu direvisi. Dengan cara seperti itu, makin lama suatu teori makin mendekati kesesuaian dengan hukum alam. Berdasarkan tujuannya, penelitian ilmiah dibedakan menjadi dua, yaitu penelitian dasar dan penelitian terapan. Penelitian dasar banyak dilakukan di perguruan tinggi. Biasanya, hasil penelitian dasar berupa teori yang mendasari penelitian terapan. Penelitian terapan banyak dilakukan di pabrik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan mutu produk yang dihasilkan. 

Sekian ulasan tentang Metode Ilmiah dalam Ilmu, semoga bermanfaat.