Gaya Gravitasi Bergantung Kedudukannya

(Zakapedia). Besar percepatan gravitasi bumi bergantung pada jarak pusat massa benda terhadap pusat massa bumi. Semakin jauh kedudukan sebuah benda terhadap bumi, percepatan gravitasinya akan semakin kecil sehingga gaya beratnya pun akan semakin kecil. Benda yang mempunyai massa 1 kg jika berada di daerah dengan percepatan gravitasi 9,8 m/s2 akan mempunyai berat 9,8 N. Pada jarak sekitar 21.000 km dari pusat bumi, benda bermassa 1 kg akan mempunyai gaya berat 1 N. 

Gravitasi Bulan
Pada ketinggian lebih dari 30.000 km, percepatan gravitasi bumi cukup kecil sehingga benda bermassa berapa pun juga akan memiliki gaya berat cukup kecil. Oleh karena itu, para astronot yang berada dalam pesawat antariksa mampu mengangkat balok besi yang besar. Akan tetapi, tetap saja astronot akan merasa sakit kakinya jika harus menendang balok itu karena massa benda tidak sama dengan nol. Jari-jari bumi di Kutub Utara dan Kutub Selatan lebih kecil daripada jari-jari bumi di Khatulistiwa sehingga percepatan gravitasi di Kutub (sekitar 9,83 m/s2) lebih besar jika dibandingkan di Khatulistiwa (sekitar 9,78 m/s2). 

Besarnya percepatan gravitasi di permukaan tiap planet tidaklah sama. Perbedaan ini disebabkan massa dan ukuran planet tidak sama. Sebagai contoh, Bulan memiliki ukuran dan massa yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan bumi sehingga percepatan gravitasi bulan pun lebih kecil. Percepatan gravitasi bulan hanya 1/6 kali percepatan gravitasi di permukaan bumi (sekitar 1,6 m/s2). Akibatnya, benda bermassa 1 kg akan memiliki berat 1,6 N di bulan.

Sekian materi tentang Gaya Gravitasi Bergantung Kedudukannya, semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Kepada para pembaca, jika ada sesuatu yang berkesan maka silahkan berkomentar