Hukum-hukum tentang Gas

(Zakapedia). Hukum-hukum tentang Gas terdiri dari; hukum Boyle, hukum Charles dan Gay-Lussac, Avogadro, Hukum Keadaan Standar, Gas ideal. Materi Hukum-hukum tentang Gas merupakan salah satu materi wajib dalam pelajaran Kimia. Berikut ini bunyi dari masing-masing Hukum-hukum tentang Gas tersebut: 

1. Hukum Boyle 

Robert Boyle pada tahun 1622 melakukan percobaan dengan menggunakan udara. Ia menyatakan bahwa volume sejumlah tertentu gas pada suhu yang konstan berbanding terbalik dengan tekanan yang dialami gas tersebut.

2. Hukum Charles

Pada tekanan konstan, volume sejumlah tertentu gas sebanding dengan suhu absolutnya Hubungan di atas ditemukan oleh Charles pada tahun 1787 dan dikenal sebagai Hukum Charles.

3. Hukum Avogadro 

Pada tahun 1811, Avogadro mengemukakan hukum yang penting mengenai sifat-sifat gas. Dia menemukan bahwa pada suhu yang sama, sejumlah volume yang sama dari berbagai gas akan mempunyai jumlah partikel yang sama pula banyaknya.

4. Hukum Keadaan Standar

Untuk melakukan pengukuran terhadap volume gas, diperlukan suatu keadaan standar untuk digunakan sebagai titik acuan. Keadaan ini yang juga dikenal sebagai STP (Standart Temperature and Pressure) yaitu keadaan dimana gas mempunyai tekanan sebesar 1 atm (760 mmHg) dan suhu °C (273,15 K). Satu mol gas ideal, yaitu gas yang memenuhi ketentuan semua hukum-hukum gas akan mempunyai volume sebanyak 22,414 liter pada keadaan standar ini.

5. Hukum Gas Ideal
 
Definisi mikroskopik gas ideal, antara lain: Suatu gas yang terdiri dari partikel-partikel yang dinamakan molekul. Molekul-molekul bergerak secara serampangan dan memenuhi hukum-hukum gerak Newton. Jumlah seluruh molekul adalah besar. Volume molekul adalah pecahan kecil yang diabaikan dari volume yang ditempati oleh gas tersebut. Tidak ada gaya yang cukup besar yang beraksi pada molekul tersebut kecuali selama tumbukan. Tumbukannya elastik (sempurna) dan terjadi dalam waktu yang sangat singkat.

Sekian uraian materi kimia Hukum-hukum tentang Gas, semoga bermanfaat. 

0 komentar:

Post a Comment

Kepada para pembaca, jika ada sesuatu yang berkesan maka silahkan berkomentar