Situs Pustaka Belajar

Manfaat Lidah Buaya untuk Menjaga Kesehatan dan Kecantikan

loading...
Advertisement


loading...

Manfaat Lidah Buaya untuk Menjaga Kesehatan dan Kecantikan | Inilah manfaat lidah buaya yang begitu besar bagi kehidupan manusia, karena manfaat lidah buaya ini sangat membantu kehidupan manusia. Tentunya sebagian besar dari kita belum mengetahui seperti apa manfaat lidah buaya dalam menjaga kecantikan kulit dan kesehatan tubuh kita.
Lidah buaya atau Aleo Vera Linn yang ternyata memiliki manfaat yang banyak sekali yaitu untuk kesehatan dan kecantikan kulit manusia. Lidah buaya sangat bermanfaat untuk jerawat, kulit dan rambut serta kesehatan tubuh. Lidah buaya adalah sejenis tanaman herbal yang telah terkenal sebagai obat yang alami untuk anggota luar tubuh dan dalam tubuh. Kemudian tanaman lidah buaya memiliki kandungan senyawa antrakuinon yang memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit karena fungsinya dapat menangkal bakteri yang ada dalam tubuh manusia. Adapun kandungan senyawa yang terdapat pada lidah buaya yang secara biologis sangat aktif yaitu lektin, zat saponin, antrakuinon, polymannans dan mannans asetat. Senyawa yang terkandung seperti antrakuinon berfungsi menangkal bakteri dan berperan menjadi anti inflamasi, stomakik, ekspektoran dan laksatif.
Manfaat lidah buaya memang biasanya dimanfaatkan untuk menjadi bahan pengobatan alternatif pada setiap keluhan yang ada dalam tubuh bagian luar maupun bagian dalam. Bahkan saking ampuhnya manfaat lidah buaya ternyata di mesir tanaman lidah buaya disebut sebagai tanaman keabadian.

Manfaat Lidah Buaya untuk Menjaga Kesehatan dan Kecantikan


Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan Tubuh
Manfaat lidah buaya yang pertama-tama mungkin bisa kategorikan untuk kesehatan pada tubuh manusia. Ia bisa kita gunakan untuk menanggulangi segala bentuk keluhan gangguan yang hadir dalam tubuh maupun di luar tubuh. Melihat kandungan lidah buaya seperti yang telah disebutkan diatas maka dapat kita simpulkan bahwa ternyata banyak manfaat lidah buaya untuk kesehatan tubuh, tentunya bagi anda yang ingin menggunakan lidah buaya sebagai pengobatan alternatif maka terlebih dahulu anda mesti memperhatikan apa manfaat lidah buaya untuk tubuh kita.
  1. Manfaat lidah untuk alkalisasi tubuh
Alkalisasi merupakan suatu proses yang dapat menjaga keasaman pada tubuh kita, makanan yang telah kita makan akan mengandung asam. Idealnya dalam mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan asam ini 20% diperuntukkan makanan yang mempunyai kadar asam dan 80 persen untuk makanan yang umum dimana tidak mempunyai kadar asam.
Tentunya ada beberapa solusi untuk menjaga alkali dalam tubuh menjadi seimbang atau untuk memberikan keseimbangan keasamanan makanan yang telah kita makan yaitu dengan mengonsumsi jus lidah buaya.
  1. Manfaat lidah buaya untuk memperkuat sistem imun tubuh
Sama halnya dengan manfaat daun sirsak, jus lidah buaya memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas yang ada dalam tubuh manusia. Radikal bebas ialah suatu senyawa yang tak stabil yang merupakah pengaruh dari hasil metabolisme dimana dapat mengakibatkan terjadinya proses penuaan dan akan menyebabkan segala macam penyakit yang berbahaya. Jika kita mengonsumsi jus lidah buaya dengan teratur maka tubuh akan mempunyai antioksidan yang sangat dibutuhkan dalam melawan radikal bebas dan dapat meningkatkan sistem daya kebal dalam tubuh kita agar menjadi lebih kebal dari penyakit.
  1. Manfaat lidah buaya berperan mengeluarkan racun dalam tubuh atau detoksifikasi
Bagi anda yang ingin mengeluarkan racun yang terdapat dalam tubuh maka anda bisa menjadikan jus lidah buaya sebagai pilihan yang sangat alami untuk memproses detoksifikasi atau mampu mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh manusia. Kemudian meningkatnya pola hidup yang tidak sehat semisal junk food, stress, polusi dan merokok yang akan membuat kita bisa membutuhkan adanya pembersihan dari segala racun yang terkandung di dalam tubuh. Jus lidah buaya merupakan suatu cara yang ideal untuk bisa melakukan hal ini dikarenakan akan mengandung berbagai macam unsur mineral dan vitamin yang mampu membantu tubuh dalam mengatasi stress dan mencegah munculnya ketegangan sehari-hari dan dapat meminimalisir racun yang ada dalam tubuh.
  1. Manfaat lidah buaya untuk mengurangi berat badan
Kira-kira dimana letak hubungannya lidah buaya dengan berat badan? Tentunya lidah buaya memiliki hubungan dengan berat badan, karena dengan rajin mengonsumsi jus lidah buaya maka akan dapat membantu tubuh dengan alami dalam membersihkan sistem pencernaan dalam tubuh. Tentunya hadirnya pola makan yang tak sehat yang bisa menyebabkan adanya kelainan pada sistem pencernaan akan bisa dinetralisir dengan mengonsumsi jus lidah buaya. Pencernaan yang sempurna akan dapat membantu anda dalam menjaga keseimbangan dan kelancaran dalam melakukan proses buang air besar, dilain sisi lidah buaya juga bisa memberikan efek kenyang.
  1. Manfaat lidah buaya memberikan kesehatan kardiovaskular
Kesehatan kardiovaskular tentunya tidak terlepas dari permasalahan peredaran darah dalam tubuh dan permasalahan jantung. Dari beberapa studi sudah memberikan bukti bahwa jika dokter telah menyuntikkan ekstrak lidah buaya di dalam darah, secara drastis hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan dalam difusi sel darah merah serta melakukan transportasi oksigen. Lidah buaya mempunyai nutrisi yang mampu dalam mengatur tekanan darah, kemudian lidah buaya dapat meningkatkan osidasi dalam darah dan melancarkan sirkulasi darah, lidah buaya dapat membuat darah menjadi lebih encer dan berperan menurunkan kolesterol dalam tubuh.
  1. Manfaat lidah buaya sebagai sumber asam amino
Tubuh kita memiliki tingkat kebutuhan 20 asam amino yang secara berbeda dalam membangun protein dan tak memilki kemampuan dalam menghasilkan 8 dari asam amino dengan cara tidak tergantung kepada yang lain. Nah, jika anda ingin mendapatkan banyak asam amino maka anda bisa mengonsumsi jus lidah buaya karena memiliki kandungan 7 dari asam amino esensial dan 19 asam amino total, ia mampu agar bisa memenuhi kebutuhan asam amino dalam keseharian tubuh kita.
  1. Manfaat lidah buaya dalam melawan peradangan
Lidah buaya memiliki manfaat dalam menyembuhkan peradangan, anda bisa mengonsumsi lidah buaya dalam bentuk jus lidah buaya, dengan kandungan yang dimiliki berupa 15 zat yang ampuh dalam menyembuhkan peradangan seperti kaku, nyeri sendi dan bengkak pada sendi.
  1. Manfaat lidah buaya dalam membantu sistem pencernaan
Tentunya sistem pencernaan yang sehat dibutuhkan untuk bisa memastikan bahwa kita dapat menyerap segala nutrisi yang dimasukkan melalui makanan yang akan kita konsumsi. Selain kemampuan detoksifikasi yang alami, jus lidah buaya bisa meningkatkan segala penyerapan protein dan dapat meningkatkan keteraturan pada fungsi usus. Lidah buaya juga bisa mengurangi jumlah bakteri dan ragi ramah yang dapat ditemukan pada usus kita. Lidah buaya juga mampu mengatasi permasalahan pencernaan semisal mulas.
  1. Manfaat lidah buaya sebagai sumber vitamin dan mineral
Setiap hari pada tubuh kita sangat membutuhkan beberapa mineral dan vitamin. Jus lidah buaya memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat dibutuhkan dalam tubuh, berikut beberapa kandungan vitamin yang terdapat dalam lidah buaya:
  • Vitamin B1, Vitamin E, Vitamin C, Vitamin B12, Vitamin B6, Vitamin B2 dan Vitamin A
  • Kalsium, sodium, zat besi, potasium, tembaga, seng, mangan, magnesium, kromium, asam folat dan niasin.
  1. Manfaat lidah buaya dalam menyembuhkan diabetes
Diabetes adalah salah satu jenis penyakit yang berbahaya dan sering menjangkiti manusia karena adanya gaya hidup yang tak sehat. Manfaat lidah buaya salah satunya yaitu bisa membantu dalam menyembuhkan diabetes. Jus lidah buaya ini mampu membantu dalam mengatur gula yang ada dalam darah pada tubuh. Dari beberapa studi yang sudah dilakukan maka menunjukkan bahwa ternyata ada perbaikan kadar glukosa disaat pasien diabetes mengonsumsi jus lidah buaya. Tentunya hal itu terjadi karena adanya kandungan diantaranya anthraquinones, mannas dan lektin
Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Kulit dan Rambut
Lidah buaya memiliki kandungan vitamin e yang sangat baik untuk kesehatan kulit dan rambut. Berikut beberapa manfaat lidah buaya untuk kulit dan rambut:
  1. Manfaat lidah buaya dalam meningkatkan pertumbuhan rambut
Dari penelitian yang telah dilakukan oleh penelit dari University of Hawai bahwa pada penggunaan lidah buaya untuk dipakai dalam mengobati rambut rontok sudah kita gunakan semenjak zaman mesir kuno. Kemudian lidah buaya memiliki kandungan enzim yang secara langsung dapat meningkatkan pada pertumbuhan rambut dan akan membuat rambut menjadi tampil sehat. Kemudian enzim proteolitik yang terkandung dalam lidah buaya dapat membasmi sel-sel kulit mati yang ada di kulit kepala yang dapat melakukan penyumbatan pada folikel rambut dan akan menyebabkan rambut menjadi sulit tumbuh dan susah mendapatkan nutrisi.
Kemudian ditambah lagi, manfaat lidah buaya dapat memecah atau menghilangkan sel mati dan sebum yang terpada di kulit kepala, dan dapat memungkinkan untuk memberikan pertumbuhan yang lebih lanjut. Sifat alkalizing pada lidah buaya bisa membantu dalam membawa kulit kepala dan pH rambut pada jenjang lebih baik, sehingga pada proses pertumbuhan rambut bisa maksimla. Selain itu, ia juga bisa membantu rambut dalam menjaga kelembaban dan air.
  1. Manfaat lidah buaya sebagai anti proritus
Anti pruritus merupakan suatu sifat yang mampu meringankan dan gatal yang biasa muncul pada kulit kepala. Penyakit Pruriutus bisa muncul di kulit termasuk kulit kepala. Psoriasis merupakan suatu penyakit auto imun yang ditandai dengan adanya produksi berlebihan pada sel-sel kulit. Sifat enzimatik pada lidah buaya memungkinkan untuk bisa menghancurkan sel-sel kulit mati secara berlebihan. Lidah buaya juga mampu mengurangi scaling, gatal, radang kulit kepala dan kemerahan yang disebabkan oleh adanya psoriasis, dimana secara langsung bisa bermanfaat untuk rambut. Didalam sebuah studi yang telah diterbitkan di dalam Archives of Dermatology, sekitar lebih dari 80 persen pada pasien psoriasis yang dapat diobati menggunakan lidah buaya dengan menunjukkan perbaikan secara signifikan.
  1. Manfaat lidah buaya sebagai anti peradangan atau anti inflamasi
Lidah buaya adalah salah satu jenis herbal yang berperan dalam menjaga kulit kepala dari adanya inflamasi atau peradangan kepada seseorang yang memilki kepala yang rentan terhadap iritasi dan kulit kepala yang sensitif. Kemudian dalam lidah buaya memiliki kandungan seperti enzim analesgic anti inflammatic, asam salisilat dan Bradykinase yang merupakan anti bakteri, analgesik dan aspirin.
  1. Manfaat lidah buaya dalam mengurangi ketombe
Manfaat lidah buaya juga sudah lama kita gunakan secara herbal oleh sebagian besar penduduk indonesia untuk melakukan pengobatan pada ketombe. Ketombe dapat disebabkan oleh adanya beberapa hal semisal kulit mati yang sudah kita informasikan di poin kedua. Namun ternyata terdapat beberapa penyebab yang lain dari ketombe semisal munculnya jamur lemak makan dan malassezia yang bisa hidup di kulit kepala. Lidah buaya juga dapat menghilangkan sel-sel kulit yang mati dan memiliki sifat anti jamur. Hal tersebut disebabkan karena adanya jamur yang tumbuh subur pada lingkungan yang asam dan sifat alkalizing yang berasal dari Aloe Vera yang akan menyebabkan jamur tidak bisa tumbuh secara baik.
  1. Manfaat lidah buaya untuk conditioning
Dengan kehadiran gel lidah buaya maka dapat kita jadikan sebagai conditioning, yang dapat menjadi pendingin yang luar biasa bagi rambut. Zat seperti gel yang terdapat pada lidah buaya memiliki kesamaan komposisi kimia pada keratin, protein yang muncul secara alami pada sel-sel rambut.
  1. Manfaat lidah buaya dalam mencegah rambut rontok
Memanfaatkan lidah buaya untuk conditioner dan shampo akan dapat membantu dalam menjaga kesehatan rambut agar senantiasa tubuh dengan sehat dan tidak mudah rontok.
  1. Manfaat lidah buaya untuk menyuburkan rambut
Bagi anda yang ingin menjadikan rambutnya terlihat subur dan lebat maka anda bisa memanfaatkan lidah buaya dengan cara yaitu mengambil daun lidah buaya secara secukupnya, kemudian dibelah, lalu pada bagian dalamnya yang nampak seperti agar-agar, mesti digosokkan pada kulit kepala setelah mandi sore, kemudian kita bungkus menggunakan kain. Setelah keesokan harinya, cucilah rambut sampai bersih lalu dipakai setiap hari selama 3 bulan untuk mendapatkan hasil yang maksimal
  1. Manfaat lidah buaya dalam menyembuhkan luka bakar dan luka karena tersiram air panas
Untuk menyembuhkan luka bakar dan luka yang terkena siraman air panas maka anda bisa memanfaatkan lidah buaya yaitu dengan cara mengambil lidah buaya, lalu dicuci bersih, setelah itu bagian dalamnya diambil lalu ditempelkan di bagian tubuh yang telah terkena air panas atau api.
  1. Manfaat lidah buaya dalam mengatasi bisul
Bagi anda yang terkena bisul maka anda bisa menggunakan lidah buaya dengan cara melumatkan daun lidah buaya dengan ditambahkan sedikit garam lalu ditempelkan di bisulnya.
  1. Manfaat lidah buaya dalam menghilangkan jerawat
Bagi anda yang terserang jerawat pada wajah anda maka anda bisa memanfaatkan lidah buaya yaitu dengan cara mengambil lidah buaya secara secukupnya, lalu membelahnya untuk diambil getahnya atau lendir yang ada didalamnya. Setelah itu oleskanlah pada bagian wajah yang terkena jerawat dengan lama sekitar 15 sampai 20 menit lalu dibilas menggunakan air yang hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal maka lakukanlah cara ini sebanyak 1 kali dalam sehari secara rutin.
  1. Manfaat lidah buaya dalam menghilangkan flek hitam
Flek hitam memang sangat mengganggu penampilan kita sehingga akan membuat kita kurang percaya diri, nah bagi anda yang ingin menghilangkan flek hitam dengan cara mengambil jelly lidah buaya yang sebelumnya mencuci muka dengan menggunakan air bersih, setelah itu dioleskan pada wajah dan selanjutnya dibersihkan kembali menggunakan air yang bersih dan dikeringkan. Lakukanlah cara ini minimal 2 kali dalam sehari secara rutin dan berturut-turut.
  1. Manfaat lidah buaya untuk kesehatan bulu mata
Anda yang ingin menjaga kesehatan bulu mata anda yaitu dengan cara mencuci bulu mata anda sebelum anda tidur dengan menggunakan jelly lidah buaya, kemudian oleskan lidah buaya secara perlahan pada bulu mata, lalu biarkan selama 30 menit kemudian dicuci sampai bersih. Lakukanlah cara ini dengan rutin untuk bisa mendapatkan hasil sempurna.
  1. Manfaat lidah buaya untuk menyuburkan alis
Jelly lidah buaya juga dapat kita gunakan dalam mempertebal alis mata yaitu dengan cara sebelum tidur maka oleskanlah jely lidah buaya pada alis mata, setelah keesokan harinya maka sesudah bangun tidur segera cuci alis mata anda sampai bersih. Lakukanlah cara ini setiap hari untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal.
  1. Manfaat lidah buaya untuk merawat kulit
Bagi anda yang ingin merawat kulit maka anda bisa menggunakan lidah buaya yaitu dengan mengambil sepotong lidah buaya, lalu disisihkan pada bagian jelynya saja. Ingat, ini bukan termasuk cairan yang lengket dimana menempel pada kulitnya. Hancurkanlah jely dan oleskan di kulit sebelum tidur. Selain itu jerawat akan hilang, kulit menjadi lebih lembut, bersinar dan keriput berkurang.
  1. Manfaat lidah buaya sebagai pembersih make up alami
Jika anda ingin membersih make up anda maka anda bisa memanfaatkan lidah buaya yaitu dengan mengambil gel lidah buaya lalu digunakan untuk dibersihkan pada wajah anda yang masih memiliki makeup secara lembut agar tidak terjadi iritasi.
  1. Manfaat lidah buaya dalam mengobati wasir
Siapkan lidah buaya sebanyak setengah dari batang lidah buaya, madu sebanyak 2 sendok dan air matang sebanyak setengah cangkir. Kemudian parut lidah buaya, lalu tambahkan madu dan secangkir air yang matang pada parutan tadi. Kemudian aduklah sampai merata dan saring untuk diambil airnya, lalu diminum sebanyak 3 kali dalam sehari.
  1. Manfaat lidah buaya dalam mengeluarkan racun yang terdapat dalam tubuh.
Manfaat lidah buaya yang satu ini memiliki kesamaan dengan manfaat kunyit yaitu dapat mengeluarkan racun didalam tubuh karena mengandung gelatin. Gelatin akan berfungsi sebagai penyerap racun yang berada di usus dan akan mengeluarkannya dengan kotoran. Hal ini merupakan proses detoksifikasi yang dapat menguntungkan bagi tubuh.
  1. Manfaat lidah buaya dalam mengatasi penuaan dini
Seiringa dengan adanya pertambahan usia maka setiap orang tentunya mulai khawatir mengenai penampilan pada garis-garis halus dan dapat menghilangkan elastisitas kulit. Lidah buaya memiliki kandungan antioksidan seperti vitamin C, vitamin E, dan betakaroten yang mampu membantu anda dalam meningkatkan kesehatan pada kulit dan mengurangi kondisi dehidrasi pada tubuh anda.
Manfaat Lidah Buaya Utk Asam Lambung Tinggi
1. Kenali dahulu gejalanya. Gejala asam lambung mampu serupa bersama masalah medis yang lain, maka berkata bersama dokter Kamu yakni trik paling baik utk tentukan apakah Kamu memilikinya, juga trik paling baik buat mengobati asam lambung. Penyakit refluks gastro–esofagus berlangsung dikala isikan dari aktivitas perut Kamu dari perut ke esofagus, yg akan menyebabkan mulas & iritasi asam.
2. Mengubah diet Kamu buat mengobati asam lambung. Dikala Kamu meneruskan lisan lidah buaya utk diet Kamu, Kamu serta mesti menyadari makanan yg menyebabkan Kamu kesusahan tertentu. Hindari makanan seperti alkohol, kafein, buah jeruk, tomat, lemak atau makanan yg digoreng, minuman berkarbonasi, makanan pedas atau product susu berlemak. Makanan ini bakal memperburuk lambung asam.
3. Ambil 2 atau 3 ons. lidah buaya lewat mulut tiap-tiap kali Kamu mengalami serangan asam lambung. Lidah buaya diyakini meringankan menenangkan luka bakar. Oleh dikarenakan itu, jus diakui buat meringankan menenangkan kerongkongan Kamu dari luka bakar asam perjalanan kembali dari perut Kamu. Aloe vera manfaat kulit eksternal Kamu dari luka bakar & iritasi & diperkirakan buat menunjang kulit internal yg saat diambil dalam wujud cair. ( Manfaat Lidah Buaya Buat Asam Lambung Tinggi )
4. Minum jus lidah buaya dalam 2 hingga 3 ons. jumlah 1 hingga 3 kali per hri, atau 20 menit sebelum makan buat mempermudah mengobati asam lambung, pun mencegah masalah di periode depan bisa saja Kamu punya dgn asam lambung. Faktor ini utama buat sejak mulai membawa lisan lidah buaya perlahan, dimulai bersama sekali sehari, utk menunjang menghindari resiko samping potensial dari diare.
Baca juga:
 
Demikianlah informasi mengenai manfaat lidah buaya, semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terimakasih.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Manfaat Lidah Buaya untuk Menjaga Kesehatan dan Kecantikan

0 komentar:

Post a Comment

Kepada para pembaca, jika ada sesuatu yang berkesan maka silahkan berkomentar