Situs Pustaka Belajar

Contoh Cerpen tentang Arti sebuah persahabatan

loading...
Advertisement


loading...

Contoh Cerpen tentang Arti sebuah persahabatan


Sahabat itu seperti sepasang sandal yang selalu bersama. Walaupun berbeda, tetapi tetap satu tujuan dan selalu bersama. Seperti persahabatan yang kualami. Selalu bersama dalam suka maupun duka. Namaku Friska dan sahabatku Linda.

Aku dan Linda tidak satu sekolah. Tetapi rumah kita tidak terlalu jauh, dan sering main bersama.

Malam itu aku dan Linda pergi ke warung bakso untuk makan bareng. Setelah selesai aku dan Linda langsung pulang karena sudah ngantuk. Ketika dijalan tiba-tiba

“Fris... Friska..... Friskaaaa “

“Apa sih... eh Ardi, kamu dari mana?”

“Itu dari warung depan, kamu dipanggil kok gak nyaut sih... cape tau lari-lari”kata Ardi yang terdengar agak ngos-ngosan.

“Hehe.. gak denger. Maaf deh” jawabku singkat

“Ok. Nggak masalah. Aku duluan ya, udah sampe rumah nih. Daaaaaaaah” kata Ardi “yaaa”jawabku

Ardi.. yaps dia adalah cowok yang aku suka sejak aku masuk SMA, dan kebetulan dia sekarang menjadi teman satu kelasku.

Keesokan harinya tepat pukul 06.00 pagi aku sudah bersiap untuk berangkat ke sekolahku tercinta bersama maticku. Sesampainya disekolah aku langsung menuju kekelas dan membuka handphone ku yang dari tadi bergetar.

Ternyata ada sms dari Linda

“Fris nanti sepulang sekolah aku tunggu diwarung bakso biasa. Aku yang traktir” katanya

“Oke”jawabku

Setelah pulang sekolah aku langsung meluncur ke tempat yang sudah dijanjikan dengan Linda.

Disana aku sudah melihat Linda dengan dua mangkuk bakso dan dua gelas es teh. Aku langsung dipersilahkan makan.

Saat aku makan Linda mengatakan bahwa dia suka sama Ardi pada pandangan pertama. Pada saat itu aku tersedak dan hatiku hancur berkeping-keping, dan tak terasa air mataku mengalir dengan sendirinya. Aku segera menghapus air mataku sebelum Linda melihat dan curiga padaku.

Setelah makan Linda meminta nomor hp Ardi kepadaku, dan langsung kuberi.

Setelah itu aku pamit dan pulang kerumah. Saat aku sampai dirumah, aku menangis dan aku bingung apa yang harus aku lakukan. Mungkin karena kelelahan akhirnya akupun tertidur.

Akhir-akhir ini pun Linda sering pergi kerumahku untuk bercerita tentang Ardi, panjang lebar Linda bercerita aku hanya menjawab “oh”

Sampai akhirnya dia kesal denganku.

“Fris kamu dari tadi kok diam aja. Apa jangan-jangan kamu suka ya sama Ardi. Pokoknya kamu gak boleh suka sama dia, dan kamu harus deketin dia sama aku. Dan satu lagi, kamu gak boleh deket-deket sama dia lagi”

Jleeebbb... hatiku bagai disambar petir disiang bolong.

“Bagaimana mungkin aku harus deketin sahabatku dengan orang yang aku suka sejak dulu. Bagaimana mungkin aku gak boleh suka sama dia. Bagaimana mungkin aku gak boleh dekat dengan dia... “jeritanku dalam hati

“I... iya. Nanti akan aku deketin sama dia.”jawabku

Mulai hari itu disekolah aku selalu menghindar dari Ardi. Menjadi cuek, dan gak peduli sama Ardi. Pertemanan yang tadinya dekat mendadak hancur hanya karena aku sayang dengan sahabatku.

Anehnya Ardi selalu mendekatiku, mengikutiku, dan selalu menanyakan apa salah dia kepadaku.

Sudah satu minggu ini aku menghindar dari Ardi, tetapi Ardi tidak henti-hentinya menanyakan hal yang sama kepadaku. Hingga teman satu bangkuku menanyakan sesuatu padaku

“Fris kamu lagi ada masalah ya sama Ardi”tanya Sisca

“Nggak kok”jawabku

“Gak usah bohong deh. Aku tahu kok”katanya

“Gak ada apa-apa Sis”jawabku

“Ya udah deh kalau kamu gak mau cerita”katanya

Saat istirahat tiba aku gak boleh pergi dari kelas. Aku boleh keluar asal aku menceritakan apa salah dia kepadaku.

Tetapi aku hanya diam mematung. Tak ada satu kata pun yang keluar dari mulutku hingga bel istirahat habis, dan Ardi pun mulai kesal denganku.

Aku merasa bersalah, tapi ini yang harus aku lakukan demi sahabatku Linda.

Saat pulang sekolah aku melihat Ardi duduk diatas maticku. Aku tidak bisa menghindar lagi.

Dan akhirnya aku mengajak Ardi ke taman sekolah. Disanalah aku menumpahkan kesedihanku kepada Ardi.

“Di aku mohon, mulai sekarang jangan dekati aku. Dekatilah Linda temenku, dia suka sama kamu”kataku sambil menangis

“Kenapa aku gak boleh dekat sama kamu. Kenapa harus sama Linda?”

“Di Linda itu suka kamu. Dan aku sahabatnya, gak mungkin aku menyakiti sahabatku sendiri”

“Tapi Fris. Sudah lama aku suka sama kamu”

“Aku juga Di. Tapi ini sudah telat. Kalau kamu emang suka sama aku please belajar cintai Linda”

“Tapi?”

“please Di, demi aku”

“I..iya kalau ini bisa buat kamu bahagia. Akan aku lakukan demi kamu”

“Makasih. Oh iya aku harus pulang sekarang”

Aku meninggalkan Ardi, dan langsung pulang. Karena aku tidak mau bertemu dengan siapapun hari ini.

Sesampainya dirumah aku pergi kekamar dan menangis sejadi-jadinya. Kebetulan orang tuaku sedang pergi keluar kota. Jadi tidak akan ada yang menggangguku sementara ini.

Kira-kira sudah tiga bulan lamanya aku tidak berkomunikasi dengan Ardi dan Linda. Dan aku tidak tahu bagaimana hubungan mereka. Entah sudah jadian atau pun belum. Aku hanya memikirkan bagaimana aku bisa sukses setelah SMA dan mendapat nilai yang memuaskan saat Ujian Nasional.

Tak terasa akhirnya masa SMA pun telah usai. Aku memutuskan untuk pergi kekota agar dapat melupakan masalah pahit yang ada dihidupku.

Dan aku bertemu sodara yang ada disana, dan dia menawarkan pekerjaan yang menurutku menarik. Karena aku butuh uang untuk hidup, akhirnya aku menerimanya.

Awalnya disana aku diajari menjahit dan menggambar pola boneka. Lalu aku mencoba untuk membuat satu buah boneka. Dengan pola yang aku buat.

Setelah beberapa tahun aku kerja disana. Dan tabunganku cukup aku memutuskan untuk membuka tempat pembuatan boneka sendiri, dan keluar dari tempat saudaraku itu.

Setelah toko itu sukses dan kini aku mampu membayar karyawan yang ada, aku memutuskan untuk pulang kekampung halaman untuk melihat suasana yang ada disana.

Aku berangkat pukul 07.00 pagi dengan aila putih.

Sesampainya dirumah aku langsung kekamar, mandi dan beres-beres. Lalu mamahku masuk.

“Fris kemarin kamu dicariin sama Linda dan temennya Ardi. Katanya nomor kamu yang satu gak aktif.”kata mamah

“Iya mah. Nomorku yang satu emang udah lama hilang. Eh mah Linda bilang apa?”

“Katanya kalau kamu udah pulang kamu suruh langsung menghubungi Linda. Oh iya sayang, mamah udah ditunggu sama papah mau kerumah nenek kamu. Mama berangkat dulu ya. Assalamu’alaikum”

“iya mah. Wa’alaikumsallam”

Setelah itu aku kekamar dan ambil handphone untuk sms Linda. “Ada apa Lin, kata mamah kamu nyariin aku?”

Linda tidak membalas pesan singkatku. Dan aku memutuskan untuk tidur.

Keesokan harinya aku mendengar pintu rumahku yang diketuk oleh seseorang. Dan akhirnya aku bukakan pintu itu.

Aku sangat terkejut, ternyata yang datang itu Linda dan Ardi. Linda memelukku sambil menangis.

Jujur aku tidak tahu apa maksudnya ini.

“Fris.. aku minta maaf. Aku terlalu egois, dan aku sudah merusak hubungan kamu dan Ardi. Fris kalau kamu mau marah, marah aja. Asal kamu jangan tinggalkan aku lagi.”

“Kamu ngomong apa sih Lin”

“Udah deh, aku udah tau semua. Sebenarnya kamu dan Ardi itu saling suka, tapi karena keegoisanku kamu jadi meninggalkan Ardi”

“Maafin aku”kataku

“Kamu nggak salah. Yang salah itu aku. Dan mulai sekarang kita gak boleh jauh-jauhan lagi ya”

“Tapi maaf sekarang aku bekerja. Jadi aku pulang hanya hari jum’at – minggu”

“I bya gak papa kok”

Dan setelah itu hubungan aku dan Linda itu kembali seperti semula. Sedangkan Ardi sekarang menjadi sahabat baruku, yang selalu melindungi kami ketika kami pergi bersama.

Setiap hari sabtu dan minggu aku selalu nongkrong diwarung biasa. Yaitu warung bakso langganan aku dan Linda.

Dan kami pun berjanji bahwa kita tidak akan terpisahkan dengan alasan apapun.

Setelah lima tahun kedepan Linda telah menjadi dosen, Ardi menjadi Direktur, dan saya sendiri menjadi pengusaha yang bisa dikatakan sukses.

Walaupun kita sudah sibuk sendiri. Tetapi waktu berkumpul pasti ada.

Itulah indahnya persahabatan yang baik.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Contoh Cerpen tentang Arti sebuah persahabatan

1 komentar:

  1. Terima kasih postingannya gan. Lumayan buat tugas adik saya. Jangan lupa mampir ya gan. ke blog aku Putuberbagi

    ReplyDelete

Kepada para pembaca, jika ada sesuatu yang berkesan maka silahkan berkomentar